Saturday, July 30, 2011

Google membeli Paten dari IBM untuk meningkatkan Portofolio


Google, sebagai raksasa Internet sepertinya ingin menambah portofolio bisnisnya dan memimpin dalam hal Intelectual Properti, telah membeli lebih dari 1000 buah paten teknologi dari IBM.
Juru bicara google, jumat kemarin, mengatakan bahwa Seperti banyak perusahaan teknologi yang lain, pada suatu saat mereka akan mendapatkan hak paten yang sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka. Juru bicara tersebut juga mengatakan bahwa Litigasi paten yang buruk dari sebuah software hanya akan menjadi perang yang boros tanpa ada pemenang. Namun juru bicara tersebut menolak untuk mengomentari detail dari transaksi financial begitu juga dari pihak IBM.


Menurut blog SEO by the Sea(seobythesea.com), google dengan pihak yang berwajib dari Amerika Serikat mencatat pada tengah juli, bahwa telah diberikan 1030 patent dari IBM pada berbagai topic, dari fabrikasi dan arsitektur memori, chip microprocessing, hingga area yang lain yaitu arsitektur computer termasuk server dan router.
Google beberapa waktu ini kalah dalam pelelangan terhadap 6000 paten yang dilakukan oleh , Nortel, perusahaan kanada yang bangkrut. Pelelang pemenang yaitu dari konsorsium gabungan dari Apple, EMC, Ericsson, Microsoft, Research in Motion, dan Sony senilai $4,5Miliar USD.
Pengeluaran yang besar untuk paten yang melibatkan perusahaan teknologi tingkat atas dunia mencerminkan perang sengit dalam hal Intelectual property dalam industry teknologi, dimana perusahaan-perusahaan sering diserang dari jerat hokum berupa hak paten.
Google sendiri saat ini sedang digugat oleh raksasa lainnya yaitu Oracle atas teknologi yang digunakan dalam system operasi Android yang digunakan untuk smartphone. Ancaman jerat hukum tersebut, mendorong Google untuk mengikuti lelang sebesar $900Miliar USD untuk membeli paten portofolio dari Nortel, yang sebelumnya merupakan pengembang Pionir dalam hal teknologi wireless dan serat optic.

No comments:

Post a Comment