Tuesday, July 26, 2011

Teknologi Touchscreen(Layar Sentuh)

Touchscreen membuat pengguna bisa berinteraksi dengan layar / visual display. terdapat tiga jenis teknologi touchscreen:1. Resistive: dua lapis material resistive diletakkan diatas layar kaca. ketika jari atau stylus, atau objek yang memberikan tekanan, ketika dua lapisan saling bersentuhan dan lokasi dari sentuhan bisa ditemukan. Touchscreen tipe resistive sangat hemat biaya, tapi hanya 75% dari cahaya yang diteruskan ke mata pengguna, dan sampai sekarang tidak dimungkinkan melakukan multitouch dengan resistive.



2. Capacitive, mempunyai cara kerja sebagai berikut. sebuah lapis bahan yang diberi muatan diletakkan diatas sebuah layar kaca. ketika jari atau objek atau menyentuh lapisan tersebut, muatan listrik akan tertarik ke jari, sehingga mengubah kapasitansi, dari posisi perubahan tersebut akan ditentukan posisi sentuhan. layar tipe kapasitif ini memungkinkan 90% cahaya menembus layar, walaupun akurasinya lebih rendah daripada tipe resistive. karena menggunakan muatan listrik pula, terkadang jika kita melakukan charging pada device dan listrik tidak stabil, maka, capacitive tidak bisa berfungsi maksimal.


3. Surface Acoustic Wave-- teknik ini menggunakan cara yang lebih canggih yang mengirimkan dan menerima gelombang ultrasonic. ketika jari atau objek menyentuh layar, gelombang akan diserap. gelombang diukur untuk menentukan lokasi dari sentuhan. cara ini adalah cara yang paling tahan lama, tapi lebih cocok untuk dgunakan pada layar lebar seperti ATM(Automatic Teller Money).

2 comments:

  1. contoh2 HP untuk masing2 screen di atas apa aja mas?

    ReplyDelete
  2. kalau itu kurang tahu, yang jelas klo resistif baru suppport singletouch, bukan multitouch(mampu mendeteksi lebih dari satu sentuhan pada saat bersamaan), ponsel android dan iOS support multitouch jadi kemungkinan besar pake capacitive

    ReplyDelete