Wednesday, August 3, 2011

Software Defined Radio 1

 
Terminal Bergerak 4G
Dengan perkembangan yang cepat dari jaringan komunikasi nirkabel, diharapkan bahwa system Mobile 4G akan dipasarkan pada akhir decade ini. Ketika system mobile 3G focus pada pengembangan standar baru dan perangkat keras, evolusi 4G mereka akan membidik pada perpaduan teknologi wireless yang tanpa jeda(Hui dan Yeung 2003). Sistem Generasi ke Empat akan mendukung secara menyeluruh dan memberikan pelayanan yang lebih personal, menyediakan tidak hanya multimedia berkualitas tinggi dan konektivitas broadband, tapi juga ketergunaan yang tinggi(koneksi wireless kapanpun dan dimanapun). Namun, perpindahan dari system saat ini menuju 4G menyediakan tantangan yang besar dan secara khusus rancangan dari terminal bergerak(mobile terminal) menjadi hambatan nyata karena batasan daya/unjuk kerja/harga pada saat yang sama yang base station tidak punyai. Bab ini akan membahas tantangan tersebut.

1.1   Dunia yang berpusat pada Nirkabel
Sejak Nikola Tesla, pada tahun 1893, membawa percobaan pertamanya pada arus listrik frekuensi tinggi dan secara public mendemonstrasikan prinsip-prinsip penyiaran radio, masyarakat menyaksikan banyak perubahan yang mana penemuan tersebut mempunyai peran penting. Komunikasi Nirkabel telah menjadi hal dasar yang luar biasa dalam dunia saat ini. Apakah kita menginginkan hal tersebut atau tidak , peralatan nirkabel telah secara meningkat, dan secara signifikan mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari.

Dalam beberapa waktu kedepan, peralatan nirkabel yang cerdas bisa menyediakan informasi, komunikasi, dan hiburan yang bisa masuk ke dalam kantong jutaan penggunan. Universal Persobal Assistant(UPA) ini akan bersumberkan energy dari baterai atau bahan bakar sel(De Man, 2005). Di dalam lingkungan bisnis, hal ini akan melayani segala jenis manfaat dari mobile computing, komunikasi pita lebar yang meyeluruh, dan konferensi audio/video. Sambungan data dengan kecepatan tinggi akan disediakan oleh Wireless Local Area Network, namun hanya dalam lingkungan rumah, kantor, dan beberapa hot spot seperti, Bandar udara. Cakupan global untuk sambungan ke seluruh dunia terjadi melalui sambungan akses radio dari seluler tau jaringan satelit. Sebagai contoh, dalam kendaraan kita, nantinya akan dilengkapi dengan peningkatan keamanan, dan navigasi cerdas. Industri hiburan akan menawarkan layanan game yang lebih canggih yang bisa digunakan di manapun. Terminal bergerak akan menjadi pemantau kesehatan waktu nyata, dimana suhu bada, detak jantung, dan tekanan darah akan bisa diperiksa kapanpun untuk orang yang dalam kondisi resiko tinggi sehingga memungkinkan untuk menjalani kehidupan secara normal. Enkripsi tingkat tinggi dan kemajuan baru dibidang kriptografi akan membantu penggunaan transaksi tunai hanya dengan menekan tombol pada handset mobile, yang mana juga bisa memberikan akses ke pemiliknya untuk membuat kunci nirkabel untuk rumah, kendaraan, dan penyimpanan. Akhirnya, pemerintah juga bisa memberikan peralatan Pengenalan nirkabel. Semua ini berpuncak pada mimpu Ambient Intelligent(kecerdasan menyeluruh), sebuah mimpi bahwa dunia yang mana lingkungan bersifat sensitive, adaptif, dan responsive terhadap keberadaan orang dan benda(Boekhorst, 2002) dan penggunanya mampu untuk berinteraksi pada beberapa tingkat dengan beberapa benda.

No comments:

Post a Comment