Thursday, August 4, 2011

Software Defined Radio 2



Secara khusus, impian tentang Ambient Intelligent (AmI, kecerdasan menyeluruh), ini melibatkan diskusi pada berbagai tingkatan yang berbeda: dari detail teknis hingga isu etika dan privasi. Fokus pada tantangan teknologi sendiri, hal yang jelas yaitu membuat dua impian mendasar ini menjadi kenyataan:
1.            - Wireless Sensors Network(WSN)
2.                 -   Smart Reconfigurable Wireless Terminal

Sementara ini beberapa universitas dan pusat penelitian secara aktif mengerjakan WSN, yaitu  gagasan untuk membuat terminal nirkabel cerdas sudah pada tingkat lanjut didorong oleh permintaan kuat terhadap transceiver dengan fleksibilitas tinggi. Pertumbuhan yang cepat terhadap standar mobile dan evolusi jaringan mobile membuat daya jangkau global dan pemenuhan terhadap beberapa standar menjadi keharusan bagi terminal modern. Permasalahan-permasalahan penyatuan lebih banyak radio pada satu buah terminal melibatkan pembahasan dalam hal unjuk kerja, karena  harus cukup bagus untuk menerima berbagai jenis modulasi, frekuensi carrier, dan bandwidth. Konsumsi daya menjadi hal penting untuk peralatan tersebut, dimana kebutuhan terhadap unjuk kerja yang kuat harus berhadapan dengan permasalahan yang selalu muncul yaitu pemakaian daya tahan baterai selama mungkin. Sebagai tambahan, sejumlah komponen pada satu buah terminal mungkin akan mempunyai dampak terhadap ukuran dan biaya dari produk nirkabel akhir. Pada konteks ini, kemungkinan untuk mengurangi jumlah komponen pada satu terminal bergerak dengan menggunakan satu Integrated Circuit (IC) akan memungkinkan penghematan biaya dengan tetap menjamin trade off daya, unjuk kerja, dan biaya yang optimal.
Jika kita ingin meweujudkan impian tersebut dalam wilayah standar nirkabel yang dibutuhkan untuk aplikasi tertentu, kita akan menyadari sebenarnya betapa sulitnya mempunyai sebuah terminal yang mampu untuk bekerja pada jangkauan layanan yang luas. Ketika penyiaran data digital membutuhkan tingkat mobilitas tinggi pada laju data yang rendah, panggilan video phone membutuhkan peralatan yang memadai dengan laju data yang setinggi 100Mb/s. Akhirnya, sinyal kendali laju data yang rendah yang membentuk antarmuka antara lingkungan dan system dengan laju data serendah 100Kb/s(misalkan untuk Pemantau Kesehatan secara Nirkabel) mungkin tetap dbutuhkan dengan sebuah Wireless Personal Area Network( WPAN) dan denngan mobilitas rendah, pita lebar, dan dengan batasan daya yang ketat. Gambar 1.1 menunjukkan gambaran ringkas dari evolusi standar nirkabel dengan kebutuhan mobilitas dan laju data.
Platform yang efisien terhadap energy dibutuhkan sehingga bisa diadaptasikan dengan standard an aplikasi baru, yang mungkin cenderung pada penggunakan software embedded system, atau dengan modifikasi dengan peningkatan yang cepat untuk mendapatkan pengembangan produk. Hal ini mungkin akan menjadi mungkin dengan menggunakan kemampuan terpendam yang ditawarkan oleh proses yang mendalam tingkat sub-micro pada CMOS.

No comments:

Post a Comment